Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

NU'MAN BIN AMRU YANG KONYOL

Di zaman rosulullah ada seorang sahabat bernama nu'man bin amru yang sering berbuat konyol bahkan kadang mengerjai rosul sang kalifah pemimpin umat muslim. Namun rosul tidak pernah marah walau perbuatan itu dianggap keterlaluan oleh sahabat2 yang lain.

Suatu Hari dikota Madinah lewatlah pedagang Madu yang menjajakan dagangannya. Lalu timbulah ide kekonyolan nu'man, Dia panggil padagang madu” Pak sahabat ku ingin membeli madu dan itu rumahnya...sambil menunjuk rumah Rosululloh SAW” . Lalu Nu’man mengetuk pintu rumah Rosullulloh sambil membawa Madu, Rosulpun mempersilahkan Nu'man untuk masuk kedalam. “Ya Rosul ini aku bawakan madu untukmu.. sebagai Hadiah dari ku” Kata Nu’man. Setelah memberikan madu tersebut Nu'man pun pamit untuk pulang.

Nu’man lalu menemui pedagang madu tersebut sambil berkata” Maaf saya mau pergi dulu ada urusan penting yang harus saya selesaikan, nanti Sahabatku sebentar lagi keluar dan membayar Madumu” Kata namun sambil bergegas pergi.

Setelah sekian lama menunggu pedagang tersebut kesal, dan mengetuk dengan keras Rumah Rosululloh SAW sambil berteriak ” Wahai penghuni rumah, madu saya belum dibayar”??. Tentu saja Rosululoh kaget mendengar teriakan tersebut, rosululoh tersenyum dan menyadari bahwa Dirinya telah dikerjai oleh Nu’man bin Amru. lalu Rosul pun memberikan uang tersebut kepada pedagang Madu .

Dikeudian hari Rosululloh bertemu dengan Nu’man bin Amru, sambil menahan Tawa Rosul menegur Nu’man” Wahai Numan apa yang telah kau lakukan pada keluarga NabiMu ? sambil menahan tawanya rosululloh terlihat tersenyum. Dasar Nu’man seorang yang konyol mendengar teguran dari Rosul hanya nyengir dan berkata” Ya rosulullah saya tahu kau suka sekali madu….saya ingin sekali membelikanmu Madu dan di hadiahkan kepadamu , tapi waktu itu saya tidak punya uang sama sekali..jadi saya hanya bisa mengantarkan Madu itu saja ketanganmu dan tidak sanggup membelinya, dan semoga saya di beri Hidayah Alloh atas kebaikan ini” kata Nu’man . Mendengar jawaban sahabatnya yang konyol tersebut, Rosululloh tidak marah bahkan mendo’akan Nu’man karena punya niat yang baik memberi Madu ke pada Rosululloh. Begitulah akhlak mulia rosululloh .

KEMBALI / BACK HOME

0 komentar:

Posting Komentar