Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

BELI BUDAK DENGAN HARGA MURAH

Suatu saat umar bin khatab bepergian untuk berdagang ke negeri syam(PALESTINA), beliau ditemani suwaibith dan nu'man bin amru. Sampai di suatu pasar desa yang dihuni oleh suku badui, umar pergi meninggalkan mereka berdua untuk suatu keperluan.nu'man meminta bekal makanan kepada suwaibith karena merasa lapar.

"Demi Allah Saya tidak akan memberikan ini padamu sebelum umar datang" kata suwaibith keras. Merasa kesal karena tidak diberi, Nu'man menghampiri sekumpulan orang badui "siapakah diantara kalian yang ingin membeli budak saya?"kata nu'man sambil menunjuk kearah dimana suwaibith berdiri. "Aku akan jual lebih murah karena aku butuh uang"

Tak dinyana orang2 badui itu serius untuk membeli budak. "kau ambilah dia sebagai budakmu, nanti dia pasti dia akan berkata aku orang merdeka, 'aku bukan budak'. Bila dia berkata demikian tarik saja ya." kata nu'man setengah geli.

Setelah membayar beberapa dirham kepada nu'man orang badui itu menghampiri suwaibith, "kau sekarang menjadi budakku, aku telah membeli dari tuanmu."

Dengan terbengong2 suwaibith berkelit "aku bukan seorang budak, aku orang merdeka" dengan muka memerah.

Sesungguhnya aku sudah mengetahui alasan yang akan kamu kemukakan dari tuanmu..mari ikut saya" kata orang badui tersebut sambil mengikat tubuh suwaibith dengan tali lalu menariknya. Sementara diujung sana nu'man tertawa terpingkal2.

Tak berapa lama umar datang , setelah mengetahui persoalannya lalu dia menjelaskan keadaan yang sebenarnya kepada orang badui tsb. Untungnya orang badui itu mau menerima penjelasan umar dan mengembalikan suwaibith kembali. Sewaktu kejadian ini disampaikan kembali pada rasul, rasul hanya tertawa terpingkal2.



KEMBALI / BACK HOME



1 komentar:

Khairun fajri Arief mengatakan...

Hadits yang tidak masuk akal

Posting Komentar