Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

MEMBACA SURAT PENDEK RAKAAT KETIGA DAN KEEMPAT

Ustadz yang terhormat,

Pada shalat baik wajib maupun sunnah, membaca surat-surat pendek/surat lain setelah membaca surat Al-fatihah adalah sunnah. yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada dalilnya membaca surat pendek pada rakaat ke 1 dan 2/3 dan 4 (jika pada solat yang 4 rokaat). Selama ini saya membacanya pada rokaat yang ke 3 dan 4. Namun ada sebagian yang mengatakan tidak boleh dan hanya pada rokaat 1 dan 2 saja. Mohon penjelasannya.

Assalamu a''alaikum warahmatullahi wabarkatuh,

JAWABAN

Membaca sebagian surat Al-Quran setelah membaca Al-Fatihah memang hanya disyariatkan pada dua rakaat pertama. Sedangkan untuk rakaat ketiga atau keempat, tidak ada pensyariatannya.

Dengan demikian, tidak pada tempatnya untuk dibaca pada rakaat ketiga dan keempat. Sebab prinsip dasar dalam ibadah shalat adalah pada dasarnya haram, kecuali ada perintahnya.

Adapun hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW hanya membaca ayat Al-Quran pada rakaat pertama dan kedua saja adalah hadits berikut ini:

Dari Qatadah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW membaca dalam shalat Zhuhur pada dua rakaatnya yang pertama surat Al-Fatihah dan dua surat, beliau memanjangkannya di rakaat pertama dan memendekkannya di rakaat kedua. Terkadang beliau mendengarkan ayat. Beliau SAW membaca dalam shalat Ashar pada dua rakaatnya yang pertama surat Al-Fatihah dan dua surat, beliau memanjangkannya di rakaat pertama dan memendekkannya di rakaat kedua. Dan beliau beliau memanjangkannya di rakaat pertama shalat shubuh dan memendekkannya di rakaat kedua. (HR Muttafaqun ''alaihi).

Maka sebaiknya anda tidak membaca ayat Al-Quran pada rakaat ketiga atau keempat, kecuali hanya membaca surat Al-Fatihah saja.

Wallahu a''lam bishshawb, wassalamu a''alaikum warahmatullahi wabarkatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

1 komentar:

MOHAMMAD SYAIFULLAH NUR mengatakan...

berarti pada sholat fardlu 5 waktu yang memiliki 4 atau 3 roka'at, membaca surat selain al-Fatihah pada roka'at 3 atau 4 tidak membaca surat pendek lainnya lagi..?

Posting Komentar